Tatib orang tua 2018-02-03T08:51:58+00:00

Tata Tertib

Orang Tua Santri

SURAT KEPUTUSAN
Nomor: 003/ PIMPES-ABN/S.4/VI/2016

================================================

Tentang:
Tata Tertib Orang Tua Santri Putra/Putri Al Binaa

Dalam rangka menjalin kerja sama dan menjaga hubungan baik antara Pihak Pesantren AL BINAA dengan semua Orang Tua Santri terutama dalam hal perkembangan perilaku, pendidikan para putra-putrinya dan  jalannya semua peraturan di AL BINAA, maka perlu dibuatkan sebuah Tata Tertib yang mengikat keduanya, maka bersama ini pihak Pesantren Al Binaa telah menetapkan tata tertib sebagai acuan bagi semua orang tua santri.

Adapun tata tertib dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Orang tua mendapat kesempatan bertemu dengan anaknya sesuai dengan jadwal kunjungan yaitu hari  Ahad (lihat jadwal kunjungan dan kepulangan).
  2. Orang tua diperbolehkan mengajak anaknya keluar kampus AL BINAA pada jadwal kunjungan untuk keperluan belanja atau yang lainnya.
  3. Ketika akan keluar kampus AL BINAA  orang tua terlebih dahulu meminta Surat Izin Keluar yang ditanda tangani oleh  Kepala Bagian Pengasuhan atau wakilnya.
  4. Ketika jadwal kunjungan, orang tua tidak diperkenankan memasuki kamar anaknya (kecuali dalam kondisi darurat).
  5. Tidak diperkenankan menitipkan uang jajan kepada rekening pribadi para guru.
  6. Pada saat kunjungan orang tua/atau tamu yang ikut beserta orang tua diharuskan berpakaian rapih dan bagi perempuan diwajibkan berbusana muslimah (berkerudung)
  7. Ketika saat kunjungan semua orang tua atau tamu dilarang merokok.
  8. Orang tua diperbolehkan memberikan uang jajan kepada anaknya maksimal Rp. 50.000,- (Lima puluh ribu rupiah) dan apabila ada lebihnya maka harus ditipkan di Kepala Bagian Pengasuhan.
  9. Orang tua hanya diperbolehkan untuk menelpon anaknya pada hari-hari tertentu yaitu (Jum’at, Sabtu dan Ahad)
  10. Ketika jadwal liburan santri di rumah, orang tua diharapkan untuk selalu mengontrol  dan menjaga  anaknya, mulai dari shalat yang lima waktu, menghafal al-Qur’an, mengawasi pergaulannya, menonton TV, Video, komputer dan yang lainnya.
  11. Semua orang tua diharuskan untuk menjemput dan mengantar anaknya ke pesantren sesuai dengan jadwal kepulangan yang telah ditetapkan oleh aturan Pesantren.
  12. Bagi orang tua yang tidak dapat menjemput sendiri putranya pada saat libur atau ketika mau izin pulang dengan keperluan maka harus menyampaikan surat kuasa yang ditanda tangani oleh bapak atau ibunya.
  13. Semua orang tua tidak dibolehkan mengirim atau memberi barang-barang elektronik kepada anaknya seperti: Laptop, HP, audio player, Flash Disk, dan yang sejenisnya serta buku/majalah yang tidak sesuai dengan alam pendidikan di lingkungan Pesantren AL BINAA.
  14. Tidak diperbolehkan menengok anaknya di luar jadwal yang telah ditetapkan, kecuali ada hal-hal yang bersifat darurat seperti sakit atau ada keluarga yang meninggal dunia dan sejenisnya.
  15. Orang tua diizinkan  untuk membawa anaknya meninggalkan AL BINAA pada hari-hari sekolah apabila:  Ada salah satu keluarga yang meninggal dunia, atau orang tua sakit (maksimum 3 hari), orang tua akan menunaikan ibadah haji/umroh (2 hari), hajatan atau pernikahan keluarga dan khitanan saudara kandung (1 hari).
  16. Tidak diperkenankan bagi para orang tua ibu/bapak  untuk melakukan hal-hal berikut:
    1. Masuk ke area kampus PUTRI kecuali setelah mendapatkan izin dari bagian penerimaan tamu AL BINAA putri.
    2. Masuk ke dalam ruang asrama santri putri tanpa seizin pihak pengasuhan santri.
    3. Mengajak tidur bersama putrinya di guest house (kampus putra atau kampus putri)
    4. Mengajak tidur bersama putrinya di guest house (kampus putra atau kampus putri)
    5. Berjualan di area kampus putra maupun putri.
  17. Selain wali/ibu atau bapak yang bukan muhrim tidak diperkenankan menemui santri putri
  18. Hal-hal lain yang belum diatur dalam peraturan di atas akan disesuaikan dengan kondisi kelayakan dan kepatutan Pesantren AL BINAA Islamic Boarding School.

Ditetapkan di: Pesantren Al Binaa – Pebayuran Bekasi

Bagian Pengasuhan Santri

Ustadz . Musthofa Aini, Lc. M.Ag
Kabidsuh Santri Putri
Ustadz. Misbah Muhsin, S.Si
Kabidsuh Santri Putra