Medali perak di OSN IPA tingkat SMP 2019

Bismillah. Alhamdulillah segala puji dan syukur kita selalu panjatkan kehadirat Allah Jalla wa ‘ala yang telah memberikan nikmat yang tidak terhitung kepada kita. sholawat serta salam kita haturkan kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Olimpiade Nasional (OSN) merupakan program rutin kementrian pendidikan nasional yang salah satu tujuannya adalah sebagai alat ukur kualitas/mutu pendidikan Indonesia. Alhamdulillah tahun ini OSN memasuki penyelenggaraan yang ke XIX. OSN merupakan kompetisi berjenjang dari mulai tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi dan tingkat nasional.

SMP IT AL BINAA sejak diresmikan tahun 2004 selalu berpartisipasi dalam kegiatan OSN. Pada tahun ajaran 2018/2019 untuk mempersiapkan duta AL BINAA dalam kegiatan OSN ini dimulai dengan seleksi yang bernama “Olympiade Science and Mathematics of AL BINAA Islamic Boarding School” atau biasa disingkat OSMOSIS yang diselenggarakan pada bulan Agustus 2018. Hasil dari kegiatan OSMOSIS ini diperoleh 5 santri terbaik untuk masing-masing bidang studi matematika, IPA dan IPS untuk dibina oleh asatidz pengampu bidang studi tersebut tiap pekan. Bulan februari 2019 setiap bidang studi menyeleksi ulang untuk mengutus 1 orang terbaik untuk bidang studi, hasilnya diperoleh atas nama Ubaidillah (IPA), M. Avicenna (Matematika) dan Fairuz Zahira (IPS). Kemudian 3 santri ini dikarantina oleh Ust. Halidi, S.Si dan ust Yudi Firmansyah, S.Pd untuk karantina bidang IPA, ust Syahrul S.Pd untuk karantina bidang matematika, dan ust Indra Gunawan untuk karantina bidang IPS.

Sabtu, 16 Maret 2019 diselenggarakan olimpiade sains tingkat kabupaten bekasi (OSK) yang diselenggarakan di SMP AL AZHAR 16, hasilnya ubaidillah juara 2 untuk bidang studi IPA. Tahap berikutnya Ubaidillah mengikuti olimpiade sains tingkat provinsi (OSP) yang dilaksanakan di aula dinas pendidikan provinsi jawa barat (Bandung) pada hari sabtu, 13 April 2019. Berkas jawaban OSP se-Indonesia dibawa ke pusat untuk dikoreksi dan dirangking, hasilnya Ubaidillah lolos ke tingkat nasional sebagai salah satu perwakilan dari Jawa Barat.

Sejak diumumkan kelolosan yang bertepatan dengan hari pertama shaum ramadhan 1440 H. Ananda ubaidillah dibina setiap hari oleh asatidz al binaa meskipun saat itu bertepatan dengan Penilaiah Akhir Tahun (PAT). Bahkan untuk memaksimalkan ikhtiar pada bulan syawal pun, pada saat libur tetap diadakan bimbingan via online, termasuk simulasi praktikum di laboratorium fisika dan biologi AL BINAA. Tahap berikutnya pembinaan oleh provinsi yang diselenggarakan di LPMP pada tanggal 26-29 Juni 2019.

OSN tingkat nasional ke XIX diselenggarakan pada tanggal 30 Juni – 6 Juli 2019 di Yogyakarta. Sebanyak 136 peserta IPA dari 34 provinsi melakukan tes di FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Alhamdulillah hasilnya ubaidillah memperoleh medali perak dan berhak mengikuti seleksi “International Junior Science Olympiad” (IJSO) yang insya Allah akan dilaksanakan bulan Agustus 2019 di Bandung. Mohon doa dari semua, semoga ananda Ubaidillah diberikan kemudahan mengikuti tahap-tahap selanjutnya. Dan doakan ananda ubaidillah agar diberikan niat yang lurus untuk menuntut ilmu di albinaa. Baarakallahu fiik.

[laporan ust yudi firmansyah, S.Pd]

2019-07-06T14:52:36+00:00 6 July 2019|Prestasi|Comments Off on Medali perak di OSN IPA tingkat SMP 2019
× Kontak kami