Semarak idul adha 1440 H

Bismillah,

Menyembelih qurban termasuk amal salih yang paling utama. Ibunda ‘Aisyah radhiyallahu’anha menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Iedul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirkan darah (qurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim dengan sanad sahih, lihat Taudhihul Ahkam, IV/450).

Hadis di atas didhaifkan oleh Syaikh Al Albani (dhaif Ibn Majah, 671). Namun kegoncangan hadis di atas tidaklah menyebabkan hilangnya keutamaan berqurban. Banyak ulama menjelaskan bahwa menyembelih hewan qurban pada hari idul Adlha lebih utama dari pada sedekah yang senilai atau harga hewan qurban atau bahkan sedekah yang lebih banyak dari pada nilai hewan qurban. Karena maksud terpenting dalam berqurban adalah mendekatkan diri kepada Allah. Disamping itu, menyembelih qurban lebih menampakkan syi’ar islam dan lebih sesuai dengan sunnah (lihat Shahih Fiqh Sunnah 2/379 & Syarhul Mumthi’ 7/521).

Di pesantren Al Binaa, momentum Idul Adha biasanya tidak libur. Seluruh santri tetap mukim di pondok, sholat Ied dan melaksanakan ibadah kurban bersama di Pesantren.
Bagi santri, menyembelih hewan kurban, selain untuk tujuan ibadah, ia adalah sarana pendidikan. Yaitu pendidikan beribadah itu sendiri, pendidikan sikap berderma dan berbagi, pendidikan kebersamaan, pendidikan kemandirian dan ragam nilai pendidikan lainnya.

Kegiatan diawali dengan Sholat Ied bersama di Lapangan Al Binaa kemudian dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban.
Panitia kurban terdiri atas para Asatidz, Karyawan, Santri dan seluruh keluarga besar Al Binaa.
Alhamdulillah Hewan Kurban yang terkumpul di Al Binaa pada Ied tahun ini 1440H yaitu :
29 Ekor Sapi dan 216 Ekor Domba, seluruhnya disembelih di Al Binaa

Untuk daging kurban diberikan kepada seluruh jajaran keluarga Pesantren Al Binaa, selebihnya didistribusikan ke dusun-dusun binaan di sekitar Pondok Pesantren Al Binaa dan beberapa tempat lainnya.

Jazaakumullohu Khoiron kepada para Mudhohi yang telah berpartisipasi, semoga amal sholeh kita diterima Alloh Subhanahu wa Ta’ala

Kurban di pesantren: asyiknya rame-rame

2019-09-16T08:27:44+00:00 18 August 2019|Kegiatan|Comments Off on Semarak idul adha 1440 H
× Kontak kami